PendidikanSerang

Dosen UNIBA Lakukan PKMS Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Serang

Serang – Tim pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Bina Bangsa melakukan kegiatan PKMS (Program Kemitraan Masyarakat Stimulus) di Pondok Pesantren Al-Mubarok Serang. Dalam kegiatan PKMS tersebut terdiri dari dua orang Dosen dan empat orang mahasiswa yang mana diketuai oleh Syamsul Hidayat, SE., MM dengan anggota pelaksana Ofan Sofian, S.Kom., M.Kom.

Kegiatan tersebut dilaksanakan 5 Bulan Lamanya dari tanggal 5 Juli sampai dengan 10 November. tim juga melibatkan mahasiswa sebanyak 4 orang, yakni Ilmi Syiraf  dan Ecih dari Program studi Manajemen serta Elvira dan Elvina dari program studi Sistem Informasi. Pelibatan Mahasiswa pada kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Bangsa.

PKMS ini  mengambil Topik Pendampingan dan Pelatihan Kelompok Santripreneur Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang Untuk Meningkatkan Life Skill santri Melalui pelatihan wirausaha berbasis digital. Mitra Dalam kegiatan PKMS ini salah satu Pondok Pesantren Al-Mubarok yang diasuh oleh KH. Mahmudi, S.Pd., MSI.

Kegiatan PKMS ini dilaksanakan sebagai suatu wujud kepedulian dari Dosen Universitas Bina Bangsa untuk membantu melatih para santri agar memiliki keahliah yang dapat menjadi sumber pendapatan pribadi kelak setelah lulus dari pendidikan pesantren, selain itu kegiatan ini menjadi suatu bentuk wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam kegiatan ini, selain memberikan pelatihan wirausaha berbasis teknologi digital, tim pelaksana PKMS juga memberikan beberapa jenis bantuan kepada Mitra dalam bentuk peralatan pendukung produksi dan aplikasi pemasaran berupa website, yang juga dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran santripreneur. Kemudian tim PKMS akan melakukan pendampingan terhadap pemanfaatan media sosial dan juga manajemen usaha berupa pencatatan keuangan sederhana.

Syamsul Hidayat mengatakan pelaksanaan kegiatan PKMS dibagi kedalam empat bagian utama yaitu  sosialisasi, transfer Iptek, pelatihan dan pendampingan serta evaluasi dan keberlanjutan.

“Dalam kegiatan ini tiga permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra menjadi prioritas utama untuk diselesaikan yaitu bidang manajemen usaha, dan bidang produksi,” ungkap Syamsul Hidayat.

Kegiatan PKMS ini merupakan suatu kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Kemdikbudristek melalui penyediaan dana hibah kompetitif nasional tahun 2022. Selain itu dalam kegiatan ini didukung oleh Universitas Bina Bangsa Sebagai lembaga atau institusi tempat bernaung Tim Pelaksana.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!