Ruang TokohSerangTerkini

Tokoh Budaya ini Apresiasi Pemakaian Seragam Adat Badui oleh Presiden Jokowi

SABBA.ID | Banten – Tokoh budaya Banten H. Khaeroni mengapresiasi pemakaian seragam adat Suku Badui oleh Presiden Jokowi dalam sidang tahunan MPR RI di gedung MPR/DPR, Jakarta.

“Tentunya kita semua masyarakat Banten merasa senang dan berterimakasih kepada bapak Presiden Jokowi yang telah mengenakan pakaian adat Suku Badui” ucap H. Khaeroni saat dihubungi di Banten, Selasa (17/08/22).

Menurutnya, pemakaian seragam adat Suku Badui oleh seorang kepala negara adalah simbol dari kepedulian dan pengakuan kepala negara atas keberadaan masyarakat adat.

“Bapak Presiden menurut saya, sedang memberikan pesan kepada kita semua bahwa beliau perduli dan menjunjung tinggi keberadaan masyarakat Adat Badui dan masyarakat Adat secara umum sebagai leluhur atau nenek moyang bangsa kita”, ujarnya.

Disamping itu, konsistensi Presiden mengenakan pakaian Adat dalan setiap sidang tahunan MPR seolah sedang memberikan pesan tersirat kepada kita semua untuk terus memaknai pola relasi kehidupan masyarakat Adat.

“Presiden memilih pakaian Adat Badui memiliki pesan simbolik bahwa kehidupan masyarakat Adat mesti di pelajari oleh kita semua. Orang Badui itu sangat taat terhadaap aturan Adat dan Pemimpin Adat, kehidupan sehari-hari berjalan rukun dan damai berdampingan dengan alam, sehingga saat situasi pandemi seperti inipun masyarakat Badui terhindar dari paparan virus covid 19”, lanjut H. Khaeroni

Lebih lanjut H. Khaeroni juga berharap agar Negara terus meningkatkan perhatiannya terhadap keberadaan masyarakat Adat.

“Kita semua berharap kepada bapak presiden untuk terus meningkatkan memperhatiannya dan menjaga hak-hak masyarakat Adat sebagai simbol leluhur bangsa kita”, tutupnya. (Rls)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Related Articles

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!