PandeglangPemerintahPolitik

Panwaslu Mandalawangi Hadiri Rakor Tingkat Kecamatan

Panwaslu Kecamatan Mandalawangi Menghadiri Rapat Kordinasi tingkat Kecamatan Mandalawangi.Rabu, 18/01/2023. bertempat diaula Kecamatan Mandalawangi.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Camat, Sekmat, Kapolsek, kepala puskesmas dan unsur muspika lainya. Dan hadir juga para kepala desa dan Sekertaris Desa Sekecamatan Mandalawangi.
Dalam kesempatan tesebut Ketua Panwaslu Kecamatan Mandalawangi Ibnu Malik memberikan Sosialisasi Partisipatif sekaligus memberikan informasi terkait Rekrutmen Badan Adhoc ditingkatan Desa atau Panwaslu Kelurahan desa (PKD).

“Saya berharap para Kepala bisa Desa mendorong masyarakatnya untuk berpatisipasi untuk mendaftakan diri menjadi Pengawas ditingkatan Desa, karena rekrutmen ini terbuka untuk umum selama memenuhi persayaratan yang ditentuka,” Jelasnya.

Sementara itu ditemui dilokasi kegiatan, Aditia Marwan, anggota Panwaslu kecamatan Mandalawangi, yang juga Koodinator Divisi HP2H, apresiasi terhadap kegiatan rakor ini. Dan juga menghimbau kepala Desa dan perangkat desa agar netral pada pemilu tahun 2024.

Berkaitan dengan hal tersebut, bahwa (ASN), kades hingga perangkat desa sangat jelas tertuang dalam pasal 280 Ayat 2 Undang – Undang nomor 7 tahun 2017 bahwa pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye dilarang mengikutsertakan aparatur sipil Negara, kepala desa, dan perangkat desa, anggota badan permusyawaratan desa.

“ini menujukan bahwa UU Pemilu melarang ASN dan harus benar-benar netral dalam pemilu. Selain tersebut dalam Undang-Undang Pemilu tahun 2017 yang mengatur tentang Pemilihan Umum, pentingnya Netralitas ASN juga diatur dalam Undang-Undang ASN nomor 5 tahun 2014 tentang ASN serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negri Sipil. Aturan tersebut menerangkan tentang asas, kode etik, kode prilaku ASN maupun kewajiban dan larangan PNS. Jadi, ketentuan terkait netralitas ASN bukan hanya di Undang-Undang Pemilu saja melaikan diatur juga dalam undang-undang ASN dan aturan disiplin kepegawaian,” jelasnya.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!