PendidikanSerangTerkini

Tingkatkan Pelayanan Adminitrasi Umum, SIK Kembangkan Website Di Desa Lontar

Serang – Program studi Sistem Informasi Kelautan (SIK) melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa, pada rabu (28/9).

Program tahun 2022 merupakan lanjutan dari tahun lalu terkait pembuatan website Desa Lontar, pengembangan aplikasi web Desa Lontar masih dilakukan secara kolaborasi antara Dosen SIK, Mahasiswa SIK, dan Pengawai Desa Lontar.

Tim dari pengabdian tahun 2022 yaitu Novi Sofia Fitriasari, S.Si., M.T., Ishak Ariawan, S.Pd., M.Kom., Willdan Aprizal Arifin, S.Pd., M.Kom, Moch Pendi, Futriansyah Lipalda, Titania Ferrodova Shonda, Fawaz, dan Muhamad Renaldi Apriansyah.

Program pada tahun 2022 bertujuan untuk mengembangkan aplikasi website desa dalam meningkatkan pelayanan administrasi umum di Desa Lontar.
Pada tahun 2022 dalam rangka meningkatkan manfaat website dan pelayanan desa Lontar kepada masyarakat, maka dikembangkan website dengan menambahkan menu administrasi umum seperti, peraturan kepala desa, keputusan kepala desa, agenda surat keluar dan masuk, dan lainnya yang berhubungan dengan pencatatan data dan informasi mengenai desa.

Program pengabdian lainnya yaitu pelatihan admin web kepada tim pegawai Desa Lontar. Dalam hal ini pegawai Desa Lontar menjadi admin yang mengunggah berita desa, informasi desa, keputusan kepala desa, dan kegiatan lainnya yang terjadi di intern desa maupun masyarakat desa.

Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan dan Pelaporan Desa Lontar, Moch Pendi menyambut positif terkait pengembangan aplikasi website Desa Lontar. Selanjutnya kata dia, pengembangan website Desa Lontar menjadi sangat informatif untuk masyarakat desa karena penambahan fitur-fitur baru.

Anggota pengabdian sekaligus Dosen SIK UPI Kampus Serang Ishak Ariawan mengatakan link web Desa Lontar masih sama yaitu bisa diakses di https://desalontar.com/. Penambahan fitur pada web disosialisasikan secara langsung di Kantor Desa Lontar kepada tim Pegawai Desa Lontar.

“Aplikasi website Desa Lontar masih sama dengan versi pertamanya yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, databasenya dengan MySQL dan dengan hosting yang sama. Penambahan fitur pada aplikasi yaitu dengan penambahan kode pemrograman sehingga ada bagian baru yang bisa diakses pada website tersebut,” kata Fawaz.

Fawaz juga berharap dengan adanya website tersebut dapat berkontribusi bagi desa dan dimanfaat secara maksimal oleh masyarakat setempat.

“Semoga dengan adanya aplikasi website ini dapat dijadikan sebagai pusat informasi Desa Lontar yang bermanfaat dan bisa memajukan desa menjadi desa maritim digital di Indonesia,” harapan Renaldi sebagai salah satu anggota dari tim mahasiswa.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!