PendidikanSerangTerkini

UIN SMH Banten Sabet Juara 2 Nasional Sarah Konstitusi

Serang – Mahasiswa dari Fakultas Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten sabet juara dua dalam Kompetisi Musabaqah Syarah Konstitusi Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tahun 2022.

Prestasi tersebut berhasil diraih tim Law Community Fakultas Syariah yang terdiri dari Sahrul Hikam, Ari Darmanto dan Ardhya Naufal Fahri usai bertanding di Final melawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam rangka memperebutkan piala Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Auditorium Gedung Dr. (HC) Ir. Soekarno Lantai V, Malang, Jawa Timur.

Dalam lomba tersebut, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selaku tuan rumah. mengusung Tema besar Santri, Pesantren dan Konstitusi. Musabaqah Syarah Konstitusi adalah lomba memberikan pemaparan tentang materi konstitusi (UUD Tahun 1945) dan materi Al-Quran serta memaparkan kandungan yang diikuti dengan korelasi diantara keduanya melalui argumentasi Hukum yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Materi dalam lomba ini berbagai topik yang memiliki landasan konstitusi yang mencakup berbagai bidang seperti agama, sosial, politik, hukum dan HAM serta persolan lainnya yang ada di sekitar baik skala nasional maupun Global.

Selama persiapan, Sahrul Hikam selaku ketua Tim Delegasi UIN SMH Banten mengatakan tantangan terberat yang harus dilalui timnya adalah mencari argumen yang kuat dengan waktu yang cukup singkat.

Setelah melalui babak penyisihan, Hikam dan tim hanya memiliki waktu 2 Hari untuk mempersiapkan argumentasi yang relefan dengan tema bahasan untuk final yang sudah di tentukan panitia.

“Persiapan untuk lomba ini terbilang singkat karena jangka waktu pendaftarannya cukup terbatas. Namun, kami tentu mempersiapkan sematang mungkin untuk kompetisi ini, seperti pemberkasan atau pun referensi dari berbagai sumber, jurnal, konsultasi ke dosen, diskusi bersama Law Community serta yang lain yang berkaitan dengan tema yang akan dibedah,” ujar Hikam

Dalam pertandingan Final, Hikam dan Tim ditemani langsung oleh wakil dekan 3 Bidang kemahasiswaan dan kerjasama Fakultas Syariah Dr. H. E. Zaenal Muttaqin, M.H., M.A. dan Kepala Lab Peradilan UIN SMH Banten Hj. ida Mursidah, S.H, M.H., M.M.

Apa Harapan setelah Perlombaan ini?
“Harapannya adalah menambah pengalaman dan melatih untuk terus memaksimalkan potensi diri, serta dapat menstimulus teman-teman yang lain untuk bermental juara dan dapat menghargai proses,” pungkas Hikam.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!