Siti Nur Ajijah | Pembelajaran Berbasis Information and Communication (ICT)
Oleh : Siti Nur Ajijah (Mahasiswa Uniba)
Tugas utama seorang pendidik dalam mewujudkan tujuan-tujuan Pendidikan disekolah adalah mengembangkan strategi pembelajaran secara efektif dan efesien. Salah satunya adalah dengan cara menerapkan pembelajaran berbasis ICT, pendidik harus menggunakan ICT secara terencana dan sistematis serta sesuai untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna. Namun, untuk menerapkan pembelajaran berbasis ICT kita perlu menggali lebih dalam tentang pembelajaran berbasis ICT. Sistem, media dan sumber apa saja yang digunakan dalam pembelajaran berbasis ICT.
Tahukah Kalian Apa saja media, sumber dan sistem yang digunakan dalam pembelajaran berbasis ICT ?
ICT sendiri merupakan kepanjangan dari Information and Communication Technology atau yang biasa kita kenal sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Information and Communication (ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Pembelajaran berbasis ICT, secara umum bertujuan agar peserta didik memahami, mengenal dan mampu menggunakan teknologi. Perkembangan ICT yang pesat mampu mempermudah proses belajar mengajar yang berlangsung. Penggunaan ICT memiliki dampak yang positif guna mencapai tujuan pembelajaran pada umumnya. Manfaat teknologi informasi dibagi kedalam tiga jenis yaitu ICT sebagai media ( alat bantu), ICT sebagai sumber informasi dan ICT sebagai sistem pembelajaran.
ICT Sebagai Media (Alat Bantu)
Information and Communication (ICT) dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk mengolah, mentransfer dan membuat data atau informasi dari perangkat yang satu dengan perangkat lainnya. Dalam hal ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya ICT, telah memperkaya sumber dan media pembelajaran dalam berbagai bentuk seperti e-book, modul, transparansi OHP, slide Power Point, gambar/foto, animasi, film/video, siaran televisi, siaran radio, hiperteks, halaman Web, program pembelajaran berbantuan komputer, dan software aplikasi pendukung pembelajaran, maka pendidik yang profesional harus mampu memilih, mengembangkan dan memanfaatkan berbagai jenis media pembelajaran dengan memanfaatkan kecanggian ICT tersebut.
Pendidik dapat menggunakan multimedia interaktif sebagai alat bantu, multimedia interaktif memuat komponen audio-visual (suara dan tampilan) untuk penyampaian materi pembelajaran cara ini dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Multimedia interaktif juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksperimen dan eksplorasi sehingga memberikan pengalaman belajar daripada hanya sekedar mendengar uraian/penjelasan guru, menggunakan ICT sebagai media pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang efektif dan menarik.
ICT Sebagai Sumber Informasi
Information and Communication (ICT) memberikan akses yang mudah untuk mencari informasi dari berbagai sumber. Dengan ICT, kita dapat mencari informasi, membaca berita, mengakses sumber daya pendidikan, dan menjelajahi dunia digital dengan cepat dan mudah. ICT bisa dikatakan gudangnya ilmu pengetahuan dan informasi terdapat banyak sekali sumber ilmu pengetahuan yang dapat kita akses, di dalamnya sudah terhubung dengan berbagai perpustakaan digital, e-book,artikel,jurnal, dan masih banyak lagi.
ICT Sebagai Sistem Pembelajaran
Proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan pada peserta didik secara terencana baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap. Dengan adanya Information and Communication (ICT) semakin mendorong usaha-usaha untuk memanfaatkan hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Menerapkan sistem pembelajaran ICT dapat mengoptimalkan pembelajaran disekolah. Para guru dituntut untuk mampu menggunakan teknologi agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik lancar.
Dari semua pemaparan di atas dapat kita lihat betapa pentingnya menerapkan pembelajaran berbasis Information and Communication (ICT) dalam dunia Pendidikan. Dengan adanya ICT kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik untuk membentuk pelajar yang berkualitas dengan tetap mengikuti perkembangan zaman.