Gaya HidupTerkini

6 Trik Decluttering Home, Bikin Suasana Rumah jadi Lebih Harmonis

SABBA.ID | #Artikel – Bagi beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘decluttering’. Decluttering bisa diartikan sebagai seni dalam merapikan rumah dan juga menyingkirkan berbagai barang yang sudah tidak terpakai lagi. Mau serapi atau sebersih apapun rumah kamu, pasti akan ada waktunya untuk melakukan decluttering, entah itu seminggu atau setiap sebulan sekali.

Sebenarnya melakukan decluttering home gak sulit. Kamu hanya perlu konsisten agar rumah makin bersih dan rapi sesuai ekspektasi. Dengan rutin melakukan decluttering, dijamin siapapun bakal merasa nyaman dan betah berada di rumah yang rapi, bersih dan fresh. Yuk, terapkan trik decluttering simple di bawah ini untuk suasana rumah yang lebih harmonis.

1. Mulai Lakukan dari Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat yang sangat penting di dalam rumah. Bahkan tak sedikit orang yang menjadikan kamar tidur sebagai tempat favoritnya di rumah. Oleh karena itu, kamu bisa mulai melakukan decluttering dari kamar tidur. Coba singkirkan barang-barang di kamar yang memang sudah tidak terpakai lagi. Simpan barang yang masih digunakan di tempat khusus sesuai dengan jenisnya. Ini akan memudahkan kamu saat ingin mencari barang dan bikin tampilan kamar tampak selalu rapi.

2. Singkirkan Segala Benda Tak Terpakai yang Ada di Kamar Mandi

Seringkali produk-produk mandi seperti kemasan pasta gigi dan botol sampo yang sudah habis masih tersimpan di dalam kamar mandi. Padahal itu hanya akan memenuhi kamar mandi dan bikin sumpek. Untuk itu, kamar mandi juga gak boleh kamu lewatkan saat melakukan decluttering home. Jika ada produk mandi yang sudah habis,  segera singkirkan atau buang. Tak hanya itu, kamu juga sebaiknya menyediakan tempat sampah mini di kamar mandi dan membersihkan kloset lantai serta bagian kamar mandi lainnya agar selalu bersih.

3. Merapikan Isi Dapur

Selanjutnya, kamu bisa beranjak ke dapur untuk meneruskan kegiatan decluttering di rumah. Cek isi kulkas dan lemari dapur, jika ada bahan makanan yang telah kedaluwarsa segera buang.  Supaya isi kulkas selalu bersih, gunakan bubble wrap untuk membungkus bahan makanan atau kamu bisa menggunakannya sebagai alas.

Simpanlah barang-barang kebutuhan dapur yang jarang digunakan di tempat yang tertutup. Sedangkan untuk barang yang sering digunakan disimpan di tempat yang gampang dijangkau. Bukan hanya itu, kamu juga perlu membersihkan seluruh bagian yang ada di dapur, seperti rak gantung, lemari, wastafel, backsplash dapur, hingga kompor.

4. Menyingkirkan Pajangan yang Tidak Bermanfaat

Menambahkan pajangan untuk hiasan rumah memang membuat tampilan ruangan jadi tampak lebih menarik. Namun, jika barang-barang tersebut tidak bermanfaat dan hanya membuat ruangan terasa penuh, lebih baik disisihkan saja karena hanya akan membuat ruangan jadi sempit dan sumpek. Kamu bisa menyimpan poster atau barang pajangan lainnya di gudang. Kalau memungkinkan, kamu bisa memberikannya pada orang yang lebih membutuhkan.

5. Gunakan Wadah Tertutup untuk Tempat Penyimpanan

Trik agar rumah tidak tampak berantakan bisa kamu lakukan dengan menggunakan tempat penyimpanan tertutup. Karena tempat penyimpanan tertutup akan bikin barang-barang di rumah tidak mudah berceceran. Memberikan label tentang isi dari setiap wadah juga bisa dicoba nih. Dengan begitu, kamu gak akan kesulitan saat lagi mencari barang-barang yang kamu butuhkan.

6. Jangan Lupa Bersihkan Bagian Rumah yang Susah Dijangkau

Bagian rumah yang susah dijangkau seringkali kotor sebab terabaikan saat dibersihkan. Misalnya bagian kolong tempat tidur, atas lemari, hingga langit-langit ruangan. Agar kegiatan decluttering rumahnya mendapatkan hasil maksimal, sebisa mungkin usahakan untuk membersihkan bagian rumah yang susah dijangkau. Gunakan alat bersih-bersih yang tepat untuk membersihkan bagian rumah yang susah dijangkau.

Sejumlah trik decluttering home tadi bisa kamu terapkan untuk membuat rumah jadi lebih rapi dan bersih!

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!