PendidikanSerangTerkini

Edukasi Pencegahan Stunting, Kelompok KKM 6 Tematik Untirta Gelar Program ASIS

SABBA.ID | Serang – Stunting merupakan salah satu gangguan kesehatan yang ditandai dengan tinggi badan anak yang lebih pendek dari anak seusianya. Gangguan tersebut diakibatkan oleh kekurangan gizi kronis. Selain menyebabkan tinggi badan anak menjadi pendek, stunting juga membuat perlambatan perkembangan kognitif anak dan dapat menurunkan kualitas hidup di masa yang akan datang.

Untuk menyadari bahwa stunting adalah masalah kesehatan yang berisiko tinggi pada pertumbuhan anak hingga dewasa, Kelompok 6 KKM Tematik Untirta menilai perlunya masyarakat mengenal berbagai usaha pencegahannya seperti, misalnya memenuhi asupan gizi seimbang dan melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Untuk itu, Kelompok 6 KKM Tematik UNTIRTA 2022 mengadakan program kerja yang bernama ASIS (Anak Sehat, Ibu Sehat). Program kerja ASIS berfokus pada penyuluhan pencegahan stunting melalui asupan gizi seimbang dengan sasaran anak usia sekolah dasar dan ibu hamil.

ASIS anak usia sekolah dasar dilaksanakan pada Senin (24/01/2022) di SDN Kalapian 1, Desa Kaserangan, Kecamatan Pontang dengan materi 10 Pedoman Gizi Seimbang, Fungsi Gizi Seimbang, dan Sumber Pangan Gizi Seimbang.

Sementara itu, ASIS ibu hamil dilaksanakan pada Senin (31/01/2022) di SDN Kalapian 1, Desa Kaserangan, Kecamatan Pontang dengan materi, Pengertian 1000 HPK, Pentingnya Gizi Seimbang untuk Ibu Hamil, Pengertian Stunting, Cara mencegah Stunting, dan Pengenalan Makanan Tambahan (biskuit) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Dengan mengadakan program kerja ini, kelompok KKM 6 Tematik Untirta berharap warga Desa Kaserangan bisa paham betul mengenai gizi seimbang dan dapat mencegah stunting sejak dini agar dapat mengurangi angka kenaikan stunting.

Kedua kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dan antusias dari masyarakat Desa Kaserangan karna materi yang diberikan sangat bermanfaat.

Pengirim : Ira

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!