KomunitasSerangTerkini

Imbas Kehadiran Kampus Unpam Di Serang, APTISI Banten Sambangi Walikota

SABBA.ID | Serang – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah IV-B/Banten mengunjungi Kantor Walikota pada Selasa (15/3) siang tadi. Pertemuan tersebut bertempat di Aula lantai 3 Setda Kota Serang.

Kunjungan kali ini dimaksudkan untuk membahas prihal keberadaan Kampus 3 Universitas Pamulang (Unpam) di Kecamatan Walantaka, Serang. Kehadiran salah satu kampus swasta tersebut dinilai menggangu dan menimbulkan permasalahan dengan beberapa kampus lainnya.

Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si sebagai Ketua APTISI Banten mengatakan bahwa pihaknya merasa keberatan atas hadirnya Unpam yang menerima mahasiswa baru dengan biaya 150 ribu per bulan atau 900 ribu per semester. Hal itu dinilai akan “menghancurkan” kampus-kampus lain jika biaya yang ditetapkan tidak ada perubahan.

“Kami mencatat ada lebih dari 20 kampus di wilayah banten ini. Kita tidak mungkin mengorbankan 20 kampus hanya untuk menyelamatkan 1 kampus. Hidup bersama-sama kan lebih enak. Kita bukan berarti membatasi unpam untuk beroperasi karena ini sudah dibebaskan oleh pemerintah. Kita justru berterima kasih jika para pengelola pendidikan tinggi mau berinvestasi di daerah-daerah termasuk Serang”. Tuturnya.

Ia mengharapkan agar secara cepat ditemukan jalan keluar terbaik untuk permasalahan ini.

“Saya berharap agar segera diadakannya pertemuan dengan pihak Unpam. Dan kami juga siap untuk bersama-sama hadir saat diundang nanti”.

Saat disinggung soal kemungkinan adanya hal yang berbau bisnis, Abas langsung menyanggah tuduhan tersebut.

“Saya kira tidak yah, ini bebas. Mau siapa saja kita mendukung untuk berinvestasi di daerah. Tetapi jangan juga dengan adanya satu perguruan tinggi kemudian yang lain akan hancur”. Ucapnya.

Sementara itu, Walikota Serang H. Syafrudin menegaskan bahwa pihak pemkot akan segera mencari solusi dari permasalahan ini untuk dihasilkannya keputusan terbaik.

“Setelah aspirasi ini kami terima, saya berkomitmen untuk menindaklanjutinya dengan mengundang Unpam hadir, sekalipun ini bukan tanggung jawab pemkot melainkan kewenangan kementrian. Karena saya ingin semua kampus bisa berjalan beriringan dalam mengembangkan SDM yang ada”. Ujarnya. (Iman/Red)

Show More

Muhamad Iman Firdaus

You will never know if you never try

Komentari Berita

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!