PendidikanSerangTerkini

Jaga Kelestarian Alam, KKM 43 Uniba Lakukan Zero Waste Terhadap Sumber Air

Serang – Ssejumlah Mahasiswa Universitas Bina Bangsa yang tergabung dalam Kuliah kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 43 melakukan kegiatan zero waste di kawasan curug sawer yang ada di Desa Ujung Tebu Kecamatan Ciomas, Serang Banten, pada sabtu (06/7).

Kegiatan ini dilakukan untuk pembersihan sampah plastik yang ada di sekitaran air terjun curug sawer bekas pengunjung yang tidak membawa kembali sampah nya.

Ketua Kelompok KKM 43, Rizki Ramadhan mengatakan bahwa, curug sawer tersebut untuk sementara ditutup atau tidak memperbolehkan wisatawan masuk karena sebagai upaya agar pelestarian lingkungannya tetap terjaga.

“Sudah beberapa tahun yang lalu curug sawer  ditutup tidak boleh ada pengunjung dari luar yang sengaja kesana hanya untuk rekreasi apalagi tidak ada izin dari desa dan masyarakat setempat,” ucap Rizki.

kegiatan zero waste tersebut merupakan inisiatif dari kelompok KKM 43 Ujung Tebu untuk menjaga dan melestarikan alam yang ada.

Rizki Ramadhan juga menekankan, pada semua pihak terkhususnya masyarakat setempat untuk terus menjaga lingkungan, agar tetap asri dan sedap dipandang.

“curug sawer ini harus tetap di jaga dan dilestarikan untuk kedepan nya, Harus bebas sampah non organik disekitaran air curug sawer, agar keasriannya terjaga sehingga bisa layak di konsumsi oleh masyarakat sekitar, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

senada dengan Dedy Khaerudin selaku Dosen Pembimbing KKM 43 Ujung Tebu mengatakan, bahwasanya curug sawer adalah warisan alam yang harus tetap dijaga, agar bisa dapat dirasakan secara turun-temurun.


“ini adalah warisan alam yang harus di jaga dan dilestarikan untuk kedepan nya, Agar anak cucu kita nanti dikemudian hari masih bisa merasakan air dari curug sawer ini untuk keberlangsungan kehidupan sehari-hari khusus nya masyarakat desa ujung tebu,” ujar Dedy Khaerudin.

Selain zero waste, KKM 43  juga mensurvey lokasi yang akan dijadikan penanaman bibit vetiver atau akar wangi untuk menahan erosi tanah untuk mencegah terjadi nya longsor di kawasan curug sawer.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!