JabodetabekTerkini

Libur Natal, Penumpang KAI Daop 1 capai 9.600 orang

SABBA.ID | Jakarta – Pengguna jasa area Daop 1 Jakarta membeludak, terhitung sekitar 9.600 pengguna jasa transportasi tersebut, sesuai dengan protokol kesehatan dengan menunjukkan rapid test antigen.

Seperti yang diungkapkan Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan Peningkatan jumlah penumpang di wilayah KAI Daop 1 tertinggi ada di tgl 23 Desember dan juga 24 Desember. Tgl 23 terdapat 16,700 pengguna, kemudian tgl 24 terdapat sekitar 14,000. Kalo untuk hari ini 9,600 pengguna jasa dari Senen dan Gambir.

“Pengguna jasa yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta di stasiun pasar senen dan gambir bisa dipastikan dalam kondisi sehat karena mereka melampirkan seluruhnya surat hasil rapid antigen dan tentunya antigen ini memiliki akurasi yang baik”, kata Eva Jumat (25/12)

Dan bagi para pengguna jasa yg memilih untuk melakukan proses rapid antigen di St Gambir dan pasar Senen kami sarankan untuk tidak melakukan tes rapid bersamaan dengan hari keberangkatan. Jadi sebaiknya melakukan rapid H-1.

Untuk protokol kesehatan tentunya akan melakukan peraturan yang sangat ketat. Seluruh pengguna jasa harus melampirkan berkas kesehatan berupa rapid antigen yg dengan kondisi negatif.

Kemudian pengguna jasa diukur suhu tubuhnya, pihaknya menekankan meskipun sudah memiliki berkas kesehatan non reaktif namun jika suhu tubuhnya kedapatan di atas tidak akan memberangkatkan penumpang tersebut.

“Di dalam KA juga secara berkala dicek suhu tubuh setiap 3 jam sekali akan diukur oleh petugas. Jika ada yang tinggi akan ditempatkan di ruang isolasi sementara. Kemudian diturunkan di stasiun untuk penanganan lebih lanjut”, kata eva.

01:12 sampai dengan saat ini untuk rapid antigen sendiri karena memang cukup banyak calon pengguna yg ingin melakukan rapid antigen di stasiun sehingga kami juga memastikan protokol kesehatan pada kegiatan tsb juga tetap terjaga. Kita memeperluas areanya dengan menggunakan pemanfaatan lahan parkir kemudian memasang fisikal distancing dan juga memperbanyak titik lokasi pengetesan supaya tidak terjadi penumpukan. 01:43 Kalo di pasar Senen itu ada 22 titik lokasi pengetesan di area rapid antigen, kemudian untuk di Gambir ada 10

Kalo untuk hasil rapid test bagi pengguna yg mau melakukan tes antigen di stasiun kemudian hasilnya reaktif ini tidak akan diperkenankan berangkat. Jadi nanti biaya tiketnya akan dikembalikan 100% dan kemudian ybs akan di berikan arahan khusus oleh tim dokter kami. Akan diarahkan menuju rumah sakit atau berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat.

02:33 untuk momen Natal ini ada sekitar 33 KA yang beroperasi baik dari stasiun Gambir maupun stasiun pasar Senen dan volume penumpang di tgl 25 Desember ini terdapat 9,600 pengguna jasa yg menggunakan KA jarak jauh dari arah Daop 1 Jakarta.

03:00 kalo di stasiun Senen ada 20 KA.

Peningkatan jumlah penumpang momen Natal tahun baru dari 18 Desember – 06 Januari itu keberangkatan tertinggi ada di tgl 23 Desember dan juga 24 Desember. Tgl 23 terdapat 16,700 pengguna, kemudian tgl 24 terdapat sekitar 14,000. Kalo untuk hari ini 9,600 pengguna jasa dari Senen dan Gambir.

03:45 kalo untuk arus balik ini mungkin kita melihat dari data reservasi tiket yang sudah berasal dari daerah lain di luar Jakarta dan tujuannya ke Jakarta itu kemungkinan akan terjadi tanggal 03 Januari.

Untuk penanganan kalo ada yg reaktif, maka dipastikan ybs tidak akan berangkat dan biaya tiket akan dikembalikan 100%

04:40 Pembersihan seluruh area stasiun khususnya banyak dipegang orang banyak itu dilakukan setiap 30 menit sekali menggunakan disinfektan. Termasuk petugas juga dilakukan self assesment. (Dzar/Red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Related Articles

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!