KomunitasPandeglangPendidikan

Mahasiswa Biologi UIN Banten Lakukan Kuliah Lapangan di Tanjung Lesung

Pandeglang – Mahasiswa Program Studi Biologi Angkatan 2021, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan Kuliah Lapangan Ekologi Perairan di Pulau Liwungan, Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 2 Juni 2024 yang bertempat di Pulau Liwungan, Tanjung Lesung, Pandeglang Banten yang diikuti oleh 30 Mahasiswa dengan mengangkat tema “Bio-Edukasi Ekosistem Laut Dangkal dan Terumbu Karang”.

Advertisement Space

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Pak Deden selaku pengelola, Eni Nuraeni Dosen Pengampu mata Kuliah Ekologi Perairan, pada sambutannya Eni Nuraeni mengungkapkan tujuannya diselenggarakan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan ke Mahasiswa mengenai Ekosistem laut. 

“Ecobiocoral Education ini dilaksanakan untuk bagaimana memperkenalkan pada mahasiswa terkait ekosistem laut seperti apa dan apa saja biota laut yang ada disana,” ucapnya.

Pada kegiatan ini dilaksanakan untuk bagaimana kita selaku mahasiswa biologi mengetahui ekosistem yang ada di laut kemudian mengetahui karakteristik dari spesies biota laut yang ada disana, kami juga melakukan pengamatan di pinggir laut hingga melakukan snorkeling ke dalam laut.

Hasil pengamatan kami bahwa di Pulau Liwungan masih banyak ekosistem terumbu karang yang masih terjaga, alga, kemudian kerang, kolomang, kepiting, dan spesies lainnya masih banyak ditemukan di pinggir pantai dan kami juga melihat terumbu karang yang terkena pasca bencana tsunami.

Pada saat kami melakukan snorkeling pengamatan bawah laut kami juga banyak menemukan keunikan dan keindahan yang terkandung dalam ekosistem laut, banyak jenis terumbu karang  yang kami temukan kemudian spesies ikan pun masih banyak dan biota-biota yang lainnya kami temukan disana.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kami berharap semoga kita khususnya mahasiswa biologi bisa mengenal ekosistem laut mengetahui karakteristik nya dan pemanfaatan nya, sehingga kita bisa terus menjaga keseimbangan ekosistem khususnya di laut dan bagaimana kita melakukan edukasi kepada masyarakat umum untuk menjaga ekosistem laut agar seimbang dan tidak dirusak.

Advertisement Space


Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!