PendidikanSerangTerkini

Prodi SIK Melakukan Program Pengabdian di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa

SABBA.ID | Serang – Selasa (7/12/21). Sebagai pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian, pengabdian, dan pendidikan Prodi SIK melakukan pengabdian yang dilaksanakan di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa.

Pengabdian yang dilakukan oleh prodi SIK yaitu pembuatan web Desa Lontar sebagai sarana dan pusat informasi yang bisa diakses oleh masyarakat Desa Lontar.

Web Desa Lontar dilatarbelakangi untuk perwujudan dari program E-governement, dimana informasi dari pemerintah bisa diakses dengan mudah.

Aplikasi website desa Lontar merupakan teknologi informasi yang dibuat untuk menyampaikan data dan informasi Desa kepada masyarakat.

Website ini bertujuan untuk mendukung program Pemerintah yaitu E-Government. E-Government adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk memberikan kemudahan layanan dan memberikan akses informasi kepada masyarakat setempat khususnya dan membuat Pemerintahan lebih bertanggung jawab kepada masyarakat.


Pembuatan web Desa Lontar dilakukan secara kolaborasi antara Dosen SIK, Mahasiswa SIK, dan Pegawai Desa Lontar. Anggota dari pengabdian ini yaitu Novi Sofia Fitriasari, S.Si., M.T., Ishak Ariawan, S.Pd., M.Kom., Drs. H. Herli Salim M.Ed., Ph.D. Moch Pendi, Sahril Angga Permana, Eka Yanti Puspita, Fawaz, dan Muhamad Renaldi Apriansyah.

Dosen dan Mahasiswa SIK berperan sebagai peneliti, perancang, dan pembuat web Desa Lontar. Pegawai Desa Lontar yang ikut pengabdian ini nantinya dijadikan sebagai admin atau yang mengelola data dan informasi pada web.

“Aplikasi Desa Lontar dibangun berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter. Database yang digunakan dalam sistem ini adalah MySQL serta berjalan di atas sebuah hosting yang disediakan oleh pihak ketiga sehingga webiste Desa Lontar ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun asal terhubung melalui jaringan internet” terang Fawaz


Anggota pengabdian sekaligus Dosen SIK Kampus UPI di Serang Ishak Ariawan mengatakan, web yang telah dibuat bisa diakses di https://desalontar.com/. Pengguna atau masyarakat Desa Lontar dapat mengakses berita, struktur organisasi, galeri kegiatan, dan dokumen Desa Lontar.


“Data dan informasi yang ditampilkan bisa diunggah dan diubah oleh admin dengan melakukan login di web. Pengguna Aplikasi Website Desa Lontar adalah semua kalangan masyarakat dan pegawai teknologi informasi Desa mulai dari level Admin, Fungsional, hingga Struktural di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang, Banten. Tiap level pengguna mempunyai hak akses yang berbeda terhadap halaman dan akses yang diberikan,” katanya .


Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan dan Pelaporan Desa Lontar Moch. Pendi menyambut positif pembuatan situs website Desa Lontar. Terlebih kata dia, website tersebut dapat menjadi media informasi bagi masyarakat mengenai kegiatan Desa Lontar dan media edukasi kepada masyarakat Desa Lontar.

“Aplikasi yang dibangun juga dapat dengan mudah digunakan karena Interface dari website tersebut tidak jauh berbeda dengan website pada umumunya,” tutupnya.

Show More

Komentari Berita

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!