CilegonTerkini

Trandisi Ketupat Qunutan, Masyarakat Berburu Kulit Ketupat

SABBA.ID | Cilegon – Tak terasa sudah 15 hari menjalani ibadah puasa ramadhan,Tradisi ini di kenal dengan istilah qunutun oleh masyarakat provinsi Banten khususnya masyarakat Kota Cilegon sudah terlihat berburu membeli kulit ketupat di pasar.

“Saya beli ketupat soalnya gak bisa bikinnya, ini buat tradisi Qunutan besok yang bertepatan dengan hari ke 15 puasa, jadinya besok buka puasanya makan ketupat,” Ujar Sobri, warga kelurahan Tegal ratu, Kecamatan Ciwandan. Senin 26 April 2021.

Qunutan merupakan makna rasa syukur dan telah menjadi tradisi turun temurun Bagi masyarakat ia membeli kulit ketupat lantaran tidak bisa membuatnya apalagi di tempatnya tidak ada pohon kelapa .

Sementara itu, bagi Ilyas pedagang kulit ketupat musiman mengatakan jualan kulit ketupat sejak dari kemarin keliling ke rumah-rumah warga sebelum mangkal di pasar.

“Dari kemarin saya keliling jualan kulit ketupat ke kampung-kampung sama warga perumahan lumayan banyak yang beli, kalau ga habis baru mangkal ke pasar,” Kata Ilyas

Menurutnya tradisi Qunutan juga membawa berkah tersendiri baginya karena bisa dapat penghasilan uang tambahan dengan menjual kulit ketupat.Tutupnya. (Sid/red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Related Articles

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!