Gaya Hidup

5 Tanda Kamu Mulai Dewasa, No. 4 Pasti Belum Kamu Miliki

SABBA.ID – Selain bertambahnya usia, menjadi dewasa bukan hanya perkara ikut mengalir melewati segalanya begitu saja, menempelkan makna pada prosesnya, menuntut kedalam diri untuk jauh lebih baik, berusaha seirama dengan lingkungan yang tanpa sadar perlu kamu lakukan.

Kedewasaan muncul biasanya karena sikap, good attidude, proporsional dan tanda lain yang terus mewarnai liku kehidupanmu seiring berjalannya waktu.

Berikut 5 Tanda Kamu Mulai Dewasa :

1. Pemahaman Diri

Yap, menjadi dewasa artinya kamu mulai mengenali diri sendiri untuk tau apa yang kamu inginkan, kamu tau apa yang seharusnya kamu lakukan dengan kapasitasmu saat ini, kamu mulai sadar apa saja yang jadi kekuranganmu, apa saja yang cocok untuk kepribadian seperti mu.

Sebenarnya kamu kurang menyukai makanan cepat saji, tapi kamu pergi dengan temanmu untuk makan disana, akhirnya sepulang ke rumah kamu menyesalinya karena kamu lebih suka makan masakan sendiri di rumah.

2. Perluasan Perasaan

Lawannya adalah egois, kamu nggak memaksakan semua orang harus ikut persfektifmu, biasanya saat bertukar pikiran, membuat keputusan dalam suatu acara atau pada kehidupan sehari-hari. Sadar betul kamu butuh yang lain, butuh pendapat orang lain untuk sesuatu yang lebih baik, memperluas wawasan, memperluas pengetahuan dan pengalaman mu selama ini untuk menjadikanmu pribadi yang jauh lebih matang.

3. Berpikir realistis

Kamu tidak mengada-ngada, lebih baik mengutarakan apa yang ada dipikiranmu secara jujur, kamu tidak membohongi diri sendiri untuk meng kritik sehat dirimu Kamu tidak dibuat lelah oleh apa yang diluar kontrol, kamu apa adanya.

Misalnya ketika pasanganmu tanya “aku paling cantik nggak?” kamu lebih baik jawab “wanita yang lebih cantik darimu banyak, hanya yang mau dan tulus sama aku cuma kamu” hehe. artinya kamu lebih realistis daripada menjawab “kamu satu-satunya wanita paling cantik di dunia ini” itu pasti kamu bohong. ceritakan apa adanya dirimu berdamailah dengan realitas kehidupanmu saat saat kamu mulai menginjak usia yang terus bertambah.

4. Emosionalmu aman

Marah sih, tapi tidak lantas kamu ungkapkan dengan kata-kata yang merusak dirimu merusak orang hubungan dengan orang lain. Kamu pandai menempatkan posisimu diberbagai situasi, kamu sedih tapi tidak lantas menyusahkan banyak orang karena kesedihanmu, kamu bisa mengatur emosional untuk tidak terjadi hal hal buruk menimpamu.

5. Hubungan mu hangat dengan yang lain

Hanya karena kamu tidak setuju dengannya, bukan berarti kamu harus membencinya, kamu selayaknya bisa mentoleransi hal-hal yang diluar kendalimu, pendapat orang lain, komentar temanmu dan apapun selama tidak membahayakan bagi kedamaianmu.

Bagaimana? Nomor berapa yang belum atau sedang kamu matangkan?

Itulah sedikit tanda bahwa kamu mulai menginjak kepribadian yang dewasa, rajin-rajinlah berkompetisi dengan dirimu sebelumnya, bukan dengan orang lain. Jadi diri sendiri dan melakukan yang terbaik versimu sendiri.

Penulis : Khaerul T

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!