KesehatanNasionalTerkini

Bahaya BPA Pada Galon Isi Ulang, Alifudin: Berikan Solusi Terbaik

Kalimantan Barat – Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Kalimantan Barat 1, H. Alifudin, SE, MM., meminta pemerintah untuk memberikan solusi terbaik selain pemberian label peringatan bahaya BPA dari Galon isi ulang.

“Kalau bisa pemerintah memberikan solusi terbaik dari masalah galon isi ulang ini, selain peringatan lewat label bahaya, karena jika label peringatan bahaya hanya membuat perubahan presepsi masyarakat untuk membeli air isi ulang” Ucap Alifudin saat menjadi narasumber acara KIE BPOM, Minggu (5/6/2022).

Alifudin juga menambahkan bahwa, seharusnya pemerintah menanggapi serius dengan adanya hasil temuan, terhadap risiko Bisfenola A (BPA), karena bahan kimia ini bisa menyebabkan kanker dan kemandulan.

“Selain masyarakat bisa mengecek obat atau makanan apa yang ilegal lewa trobosan teknologi, tapi ada masalah galon isi ulang ini yang penting bagi kesehatan, maka baiknya Kementerian dan Lembaga terkait harus kolaborasi dalam memberikan solusi” Tegas Alifudin.

Selain itu, Alifudin juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak sembarangan dalam memilih makanan dan obat yang ilegal, walau barang tersebut dari malaysia dan terdapat label.

“Karena barang yang tidak berizin di Indonesia itu tetap ilegal, maka harus hati hati juga ya, kita sebagai masyarakat terhadap barang ilegal” Tutur Alifudin.

Sebelunnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan pelabelan risiko Bisfenola A (BPA), bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker dan kemandulan, adalah bentuk nyata perlindungan pemerintah atas potensi bahaya dari peredaran luas galon guna ulang di tengah masyarakat.

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Rita Endang menyatakan, tujuan dibuatnya aturan itu sebagai perlindungan kepada masyarakat.

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!