SerangTerkini

Ketan Bintul Kuliner Favorit Sultan Banten jadi Makanan Pembuka saat Ramadan

SABBA.ID | Serang – Ramadan adalah waktu yang tepat bagi para petualang kuliner yang ingin mencicipi hidangan yang muncul hanya dalam momen tertentu ini, salah satunya Ketan Bintul, makanan yang sudah tidak asing lagi saat Ramadan tiba, punya tekstur lembut denga rasa gurih, menjadikan makanan ini paling banyak diburu warga untuk dijadikan menu andalan takjil atau bukaan puasa.

Ketan bintul sendiri tidak kalah pamornya dengan Sate Bandeng ataupun Bontot yang juga merupakan makanan khas Kota Serang. Makanan ini mudah sekali didapatkan di pasar tradisional, tapi sayangnya ketan bintul sendiri muncul hanya saat bulan Ramadan saja.

Makanan dengan bahan dasar ketan yang ditaburi dengan kuah semur daging kerbau ini, menjadi listing bagi para kuliner khususnya warga Serang, apalagi kehadirannya hanya ada satu tahun sekali. Selain enak makanan ini menjadi makanan pembuka saat buka puasa, harganyapun terjangkau.

Konon cerita warga Serang Ketan Bintul merupakan makanan favorit Sultan Banten, Sultan Hasanudin yang pada masa kerjaan dulu berkuasa. Olahan Ketan Bintul terbuat dari beras ketan yang dikukus serta ditumbuk seperti pembuatan gemblong, namun penyajiannya saja yang berbeda.

Ternyata ketan bintul sendiri sudah tersedia di salah satu e-commerce Tokopedia, yang mana pemesanan ketan bintul hanya melalui aplikasi Gojek yang berlokasi di Kramatwatu, Serang Banten dengan harga Rp. 2.000,-/satuan, dengan promo pembelian 15 ketan bonus 1 ketan. Hal ini memudahkan masyarakat agar dapat menikmati sajian ini tanpa harus keluar rumah untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Hingga saat ini pun makanan ini masih disajikan di meja makan keturunan keluarga Sultan saat bulan Ramadan. (Dw/Red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!