JabodetabekPeristiwaTerkini

Di Telpon Pihak yang mengaku dari Shoppe, Guru di Tangerang Kena Tipu Fitur Shopee Pinjam hingga 7 Juta

SABBA.ID | Tangerang – Kasus penipuan dengan mengatasnamakan hadiah uang tunai kembali terjadi. Kali ini korbannya adalah Heni, salah satu guru di SD IT Bina Insani Kecamatan Sukamulya. Kejadian ini terjadi pada hari Sabtu (6/3) kemarin.

Saat ditanya, Heni menjelaskan tentang bagaimana kronologi awal dari kejadian penipuan tersebut.

“Sekitar pukul 09.50, saya ditelpon oleh pihak yg mengaku dari shopee bahwa saya mendapatkan hadiah uang sebesar 2 juta rupiah. Lantas saya diarahkan untuk mengaktifkan shopee pinjam di akun saya. Lalu saya diminta untuk mengklik link yg dia kirim untuk melakukan registrasi dengan mengupload KTP dan rekening bank. Tidak lama kemudian, uang masuk ke rekening saya sebesar 7,5 juta bersamaan dengan pemberitahuan bahwa uang telah masuk ke rekening”. Ungkapnya.

Heni mengira bahwa uang tersebut adalah benar-benar hasil dari undian yang ia menangkan. Namun faktanya uang tersebut berasal dari akun shopee pinjam miliknya.

“Awalnya sih saya kira begitu. Lalu si oknum bilang sudah terjadi kesalahan transfer dan meminta saya untuk mengirim seluruh uang yang kemudian akan dicairkan melalui shopee pay. Terus saya kirim balik deh ke dia semuanya”.

Saat tiba di rumah, Heni kembali diminta untuk melakukan top up sejumlah uang melalui aplikasi dana. Namun dia menolak dengan alasan tidak ada uang.

“Terus dia minta saya untuk buka akun shopee, tapi enggak bisa. Saya kira akun saya sudah dibajak. Tapi si penipu bilang kalau itu akibat saya enggak mau top up di aplikasi dana. Yaudah deh, akhirnya saya top up ke nomor dia sebesar 300 ribu. Namun sang oknum meminta untuk top up tambahan sebesar 300 ribu dengan alasan tidak bisa mencairkan hadiah 2 juta tersebut. Setelah saya sudah top up total 600 ribu, nomor saya malah diblok sama dia”. Tambahnya.

Heni pun kemudian melapor ke kepolisian setempat dan mencoba mengirim email ke pihak shopee untuk mempertanyakan masalah ini. Namun pihak shopee hanya memberikan himbauan untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi, tanpa memberikan penjelasan lebih tentang kasus penipuan ini.

“Saya berharap pihak shopee dapat lebih memperketat keamanan akun para pengguna, agar tidak ada lagi kasus seperti yang saya alami”. (Iman/Red)

Show More

Muhamad Iman Firdaus

You will never know if you never try

Komentari Berita

Related Articles

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!