NasionalPemerintahPeristiwa

Atap Rumah Warga Rusak Diterjang Angin Kencang di Kabupaten Bogor

Jakarta – Fenomena angin kencang menerjang pemukiman warga di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (20/6). Peristiwa ini terjadi ketika hujan dengan intensitas tinggi bersamaan angin kencang sekitar pukul 17.54 WIB dan mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan dibagian atap akibat tersapu angin.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) yang berhasil dihimpun dari BPBD setempat, menyebutkan sedikitnya 20 KK / 89 jiwa terdampak. Area terdampak meliputi Desa Sukamaju di Kecamatan Cigudeg dan Desa Petir di Kecamatan Dramaga.

Laporan visual memperlihatkan rumah warga mengalami kerusakan dibagian atap berjenis asbes. Kuatnya angin membuat atap warga rusak hingga meninggalkan lubang yang cukup besar di atas rumah. Atas kejadian ini, para warga masih bertahan dirumah masing-masing sambil memperbaiki kerusakan.

BPBD Kabupaten Bogor segera tiba dilokasi untuk melakukan pendataan dan koordinasi dengan pihak terkait dalam upaya penanganan darurat.

Merujuk prakiraan cuaca BMKG tiga hari kedepan (24/6) wilayah Kabupaten Bogor berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Merespond hal tersebut, BNPB menghimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Salah satunya apabila terjadi angin kencang dan berada diluar rumah, segera masuk ke dalam rumah atau berlindung dibangunan yang kokoh. Jika berada diluar rumah, hindari bangunan yang tinggi, tiang listrik, dan papan reklame untuk meminimalisir potensi bahaya angin kencang.

Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!