KomunitasSerangTerkini

Buruh Masuk Kantor Gubernur, SEMMI Banten nilai Gubernur gagal Membangun Komunikasi

SABBA.ID | Serang, (26/12/21). Ketua Umum pengurus wilayah Serikat Mahasiswa Muslimin (SEMMI) Banten Ridho Rifaldi turut menanggapi aksi unjuk rasa buruh yang masuk ke kantor Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang.

Ridho menilai bahwa konflik seorang pemimpin dan rakyat itu merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindari dan pasti ada. Namun peristiwa unjuk rasa buruh baru – baru ini menunjukan kegagalan Gubernur Banten dan timnya membangun komunikasi yang baik terhadap masyarakat, khususnya terhadap elemen buruh yang telah melakukan aksi unjuk rasa berjilid-jilid dalam beberapa bulan terakhir dalam memperjuangkan kenaikan UMK 2022.

“Saya menilai ini kegagalan Gubernur Banten dalam membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat Banten khususnya terhadap serikat buruh, mestinya seorang pemimpin harus mampu melakukan deteksi yang lebih luas dan memahami arah daripada gerakan buruh yang berjilid-jilid ini, setidaknya ada keinginan untuk mau membuka komunikasi dan menemui serikat buruh” kata Ridho.

Ridho juga menyangkan terkait sikap dari Gubernur Banten yang dinilai tidak aspiratif sebagai seorang Pemimpin.

“ini sangat disayangkan terjadi aksi berjilid-jilid dan seorang Gubernur sebagai pengabdi rakyat sekaligus seorang pemimpin dan sebagai negarawan tidak pernah mau menemui ataupun membuka dialog hingga terjadi aksi memasuki ruang kerja seorang Gubernur dan saya yakin jika gubernur reaktif dalam kasus ini malah akan menambah kegaduhan,” sambung ridho.

Ridho menyarankan Gubernur Banten harus banyak belajar kepada pemimpin daerah lain yang bisa nyambung dan mau menemui serta membuka ruang komunikasi ketika menghadapi aksi unjuk rasa buruh.

“Rakyat itu cermin pemimpinnya, jadi seharusnya sebagai seorang pemimpin dan negarawan, Gubernur Banten tidak perlu bersikap arogan menghadapi persoalan ini, namun harus menggunakan pendekatan persuasif dan bangun komunikasi yang baik,” tutup ridho.

Show More

Komentari Berita

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!