PendidikanSerangTerkini

DEMA Syariah UIN Banten Gelar Webinar: “Quo Vadis Demokrasi : Kedaulatan Rakyat di Era Digital”

Serang – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA Fakultas Syariah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menyelenggarakan Webinar yang mengangkat Tema “Quo Vadis Demokrasi : Kedaulatan Rakyat Di Era Digital” pada Jum’at, 27 Mei 2022, yang di ikuti oleh pemateri dari berbagai background.

kegiatan tersebut disambut meriah oleh Dr. H. E. Zaenal Mutaqqin, M.H.,M.A selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan. Saya sangat mengapresisasi kepada DEMA Fakultas Syariah yang telah mengadakan kegiatan webinar ini, karena bagaimanapun demokrasi tidak final sampai saat ini, seiring perkembangan zaman makna demokrasi semakin luas.

Demokrasi dan Digital memiliki relevansi penting, dimana pada saat ini kita bisa menyampaikan pendapat melalui digital. Beliau juga kembali mengatakan, kami sangat mengapresiasi karena telah melakukan kegiatan kegiatan seperti ini. Pungkasnya

Webinar yang bertajuk pada tema “Quo Vadis Demokrasi : Kedaulatan Rakyat Di Era Digital” diikuti oleh sejumlah partisipan dari berbagai kalangan.

Ditengah penyampaian, Dwi Yudo Siswanto S.KOM.,M.SSI mengatakan Demokrasi digital merupakan kekuasaan baru, dimana masyarakat bisa ikut berpartisipasi aktif pada orang atau konten yang dipilihnya. Selain itu, seseorang dapat mengakses informasi dengan hak yang sama, dalam memanfaatkan sosial media.

Namun demikian, terdapat hal negatif dalam dunia digital. Seperti halnya kebocoran data; Kebocoran data terjadi bukan hanya karena sistem server media, melainkan juga bisa dari pribadi. Sambungnya

Feri Amsari, S.H. M.H., LLM Selaku Pakar Hukum Tata Negara dan juga merupakan Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSAKO) ikut memeriahkan dan menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan webinar tersebut. Feri Amsari juga mengatakan, dunia digital bisa menjadi modal keberhasilan suatu politik.

Dia menjelaskan, dalam dunia digital sesorang bisa mempengaruhi baik secara politik melalui media digital. Kemudin mengungkit Pemilu yang pernah terjadi di Amerika Serikat, yang memenangkan Barack Obama sebagai Presiden pertama dari “Kulit Hitam”. Tuturnya

Kegiatan Webinar ini juga menghadirkan narasumber dari Civitas Akademik Fakultas Syariah UIN Banten, Dr. Fandy Adpen Lazzavietamsi, S.Pd., M.H., di akhir-akhir acara beliau mengatakan, memerdekakakn diri dan sehat berfikir merupakan hal mendasar. Karena terkadang jari jari kita yang terlepas dalam media digital berkonsekuensi pada diri kita sendiri. Tutupnya.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!