NasionalPemerintahTerkini

Pengadilan Tinggi Bandung Kembali Luncurkan Pelayanan Online E-Petahana Sigakum

Bandung – Pengadilan Tinggi Bandung, kembali meluncurkan pelayanan online Elektronik Penggeledahan, Penyitaan dan Penahanan Terintegrasi Instansi Penegak Hukum Jawa Barat (e-PETAHANA SIGAKUM), di Bandung, Jum’at 8/7/2022.

Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Herri Swantoro, mengatakan Tren digitalisasi dimanfaatkan untuk mempermudah masyarakat sebagai pusat kendali, ruang rapat terbatas, Aplikasi Terintegrasi Arsip dan Pengawas (ATAP).

“Aplikasi E-PETAHANA SIGAKUM merupakan inovasi terbaru dari Pengadilan Tinggi Bandung dalam rangka mengelola masalah penggeledahan, penyitaan, dan penahanan yang terintegrasi bagi instansi penegak hukum seluruh Jawa Barat.” katanya.

Kemudian ditegaskan kembali bahwa program ini merupakan salah satu momen yang patut disambut dengan positif karena akan mempermudah kinerja aparatur penegak hukum yang terdiri dari baik pengadilan, kepolisian, maupun kejaksaan di seluruh Jawa Barat.

“Hadirnya aplikasi ini untuk mempercepat terselenggaranya system Penanganan Perkara Tindak Pidana Secara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi,” kata mantan ketua pengadilan tinggi surabaya tersebut.

Aplikasi ini juga merupkan media pertukaran dokumen administrasi pidana secara elektronik dengan lembaga penegak hukum lainnya, yaitu kejaksaan, kepolisian dan lembaga pemasyarakatan.

“Pengadilan Tinggi Bandung bersatu untuk maju dan memberikan yang terbaik untuk Lembaga Mahkamah Agung. Dan aplikasi ini akan secara langsung diterapkan oleh seluruh Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bandung.” imbuhnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia, Bambang Myanto, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Kepala BNN, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Ketua Pengadilan Negeri se-Jawa Barat, serta disaksikan jajaran Pengadilan Negeri di Jawa Barat melalui layanan virtual Zoom.

Disamping itu Seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Kuningan yaitu Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Plh, Sekretaris dan Pejabat Strutural dan Fungsioal serta Penyidik dari Kejaksaan.

Kepolisian, Lembaga Pemasyaraatan dan BNN menyaksikan acara tersebut secara virtual melalui media zoom meeting bertempat di Ruang Sidang Ali Said Pengadilan Negeri Kuningan.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!