Kesehatan

Vaksin Virus Corona Ini Efektif Hingga 94,5%, Benarkah?

Vaksin Moderna 94,5% efektif melawan virus korona, menurut data awal yang dirilis pada Senin (16/11) oleh perusahaan asal USA ini, menjadikannya vaksin kedua di Amerika Serikat yang memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi.

“Ini jelas merupakan hasil yang sangat menarik,” menurut Dr. Anthony Fauci, dokter penyakit menular terkemuka di negara paman sam tersebut.

“Ini sebaik yang didapat – 94,5% benar-benar luar biasa.” Vaksin virus 94,5% efektif, menurut data perusahaannya tersebut, moderna mendengar hasilnya melalui telepon pada hari Minggu sore dengan anggota Dewan Keamanan dan Pemantauan Data, sebuah panel independen yang menganalisis data uji klinis Moderna.

“Itu adalah salah satu momen terbesar dalam hidup dan karier saya. Sungguh luar biasa dapat mengembangkan vaksin ini dan melihat kemampuan mencegah penyakit simptomatik dengan kemanjuran yang tinggi,” kata Dr. Tal Zacks, kepala medis Moderna.

Vaksinasi bisa dimulai pada paruh kedua Desember, kata Fauci. Vaksinasi diharapkan dimulai dengan kelompok berisiko tinggi dan akan tersedia untuk seluruh populasi pada musim semi mendatang.

Moderna berencana untuk mendaftar ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk otorisasi vaksinnya segera setelah mengumpulkan lebih banyak data keamanan akhir bulan ini.

Fauci mengatakan dia memperkirakan vaksinasi Covid-19 pertama akan dimulai “menjelang akhir Desember, bukan awal Desember.” (Ysf/Red)

Sumber : CNN

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!