PendidikanSerangTerkini

Delma Aida Syavitri, Mahasiswa Asal Serang di Rusia Masuk salah satu finalis Putra Putri Permira 2022

SABBA.ID – Ajang pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia Putra dan Putri Permira (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia), jadi rangkaian pembuka pada HUT RI ke 77 di Rusia.

Dalam ajang tersebut, Mohamad Herlin Idris, dan Rosmariani Manalu terpilih menjadi pemenang, serta dinobatkan sebagai Putra dan Putri Permira tahun 2022.

Dari siaran pers yang diterima, pemilihan Putra dan Putri Permira tahun 2022 diselenggarakan di KBRI Moskow, Rusia, Minggu 17 Juli 2022.

Diketahui, Mohamad Herlin Idris merupakan mahasiswa studi S2 bidang New Material and Additive Technology pada Peter The Great St. Petersburg Polytechnic University, Petersburg.

Sementara Rosmariani Manalu, merupakan mahasiswi yang sedang menempuh studi S2 bidang pariwisata di Kazan State University, selain itu ada Delma Aida Syavitri, mahasiswa magister agrokimia di St. Petersburg State Agricultural University berdomisili dari serang sebagai salah satu finalis Putra Putri Permira 2022

Tujuan pemilihan Putra dan Putri Permira yakni untuk memberdayakan potensi dan bakat mahasiswa.

Selain itu juga menjadi wadah dalam memupuk semangat kebangsaan, dan nasionalisme serta promosi budaya Indonesia di negara akreditasi.

Disisi lain, tugas dari Putra dan Putri Permira ini, yakni melakukan diplomasi dan pengembangan kerja sama ekonomi, pariwisata, budaya dan pendidikan yang diselenggarakan KBRI Moskow.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares mengungkapkan, pihak KBRI Moskow akan senantiasa mendukung berbagai upaya positif dari Permira.

”Putra dan Putri Permira terpilih harus mampu menunjukan perserverence, memiliki kualitas, dan kapabilitas diri yang diatas rata-rata. Baik dalam studi, dalam berorganisasi maupun dalam kehidupan pribadinya,” ungkap Dubes Tavares.

Sementara, Ketua Umum Permira, Muhamad Zidni Ilman Noor menjelaskan Pemilihan Putra-Putri Permira Tahun 2022 merupakan edisi keempat.

Selain itu, mahasiswa S1 jurusan Hubungan Internasional di Kazan State University ini, mengungkap bahwa kegiatan ini juga kali kedua berkolaborasi dengan KBRI Moskow, dan Kemendikbudristek RI melalui kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI Moskow.

”Kami berharap kegiatan ini dapat semakin memaksimalkan potensi mahasiswa. Jadi ketika berada di luar negeri, tidak saja fokus menuntut ilmu,” katanya pria asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu.

Disisi lain, Putra Permira tahun 2022, Mohamad Herlin Idris mengatakan, dirinya akan melaksanakan tanggung jawab ini, dan bakal menjalin kolaborasi dengan Putra Putri Permira tahun sebelumnya.

“Kita akan berkembang bersama, dan berupaya memulihkan dan memberdayakan himpunan alumni Rusia ke depannya,” ujar pemuda asal Bogor, Jawa Barat ini.

Sekedar informasi, pada pemilihan Putra dan Putri Permira tahun 2022 ini, telah dimulai sejak April 2022.

Proses seleksi ketat berhasil menyaring 19 orang mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kompetisi di tahap selanjutnya, yaitu pembekalan dan latihan penugasan.

Pembekalan diberikan oleh para pemateri ahli meliputi: public speaking, leadership, content making, personal branding, psikologi atau kesehatan mental, dan etos kerja.

Sementara pada tahap final, berhasil menyaring 12 orang mahasiswa Indonesia yang terdaftar dan berdomisili di berbagai kota di Rusia.

Diantaranya di Yekaterinburg, St. Petersburg, Rostov on Don, Kazan, Tomsk, Novosibirsk dan Vladivostok.

Seluruh peserta yang melaju ke tahap final selanjutnya mengikuti seleksi grand final di hadapan para Dewan Juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Para juri itu diantaranya:

  1. Ripy Mangkoesoebroto (People & Culture Director PT HM Sampoerna, Tbk)
  2. Ryan Wiedaryanto (News Presenter dan GM News Production Indosiar)
  3. Leo Mokodompit (Youth Empowerment Practitioner and Senior Consultant on Training and CSR)
  4. Yoan Clara Teken (Medical Doctor/ General Practitioner, Runner-Up V Puteri Indonesia Tahun 2020 dan Putri Permira Tahun 2018)
  5. Adi Nuryanto (Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Moskow).

Dalam pemilihan mahasiswa Indonesia ini, menetapkan wakil dari Putra dan Putri Permira tahun 2022.

  1. Wakil I Putra Putri Permira Tahun 2022
  • Tiro Hilarius Turnip asal Sidikalang, Sumatera Utara, mahasiswa S1 Manajemen Southern Federal University Rostov.
  • Marini Fransiska Wijaya asal Mamuju, Sulawesi Barat, mahasiswi S2 Advertising and Public Relations Ural Federal University Yekaterinburg.
  1. Wakil II Putra Putri Permira Tahun 2022
  • Rifki Kusuma Wardana asal Serang, Banten, mahasiswa S1 Hubungan Internasional pada Kazan Federal University
  • Jessica Laurentcia asal Jakarta, mahasiswi S2 jurusan Olahraga Tomsk State University.
  1. Pemenang atribut Putra dan Putri Permira tahun 2022
  • Rifki Kusuma Wardana asal Serang, Banten, mahasiswa S1 Hubungan Internasional Kazan state Univerisity, sebagai content creator pria terbaik.
  • Sonia Erla Meldora Manullang asala Sidikalang, Sumatera Utara, mahasiswa S1 manajemen pada Southern Federal University Rostov, sebagai content creator terbaik wanita.

Sedangkan Permira wilayah Rostov on Don dinobatkan sebagai best supporter terbaik atas penyelenggaraan pemilihan Putra Putri Permira 2022 ini.

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!