KomunitasNasional

Muamalat Institute dan FEBI UIN Mataram Optimis Bangun SDM Syariah di NTB

SABBA.ID | NTB – Muamalat Institute (MI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Mataram optimis dalam membangun SDM Syariah di NTB. Executive Director MI Anton Hendrianto mengatakan, dalam Menindak lanjuti  kesempatan yang telah terjalin pada Kegiatan Perjanjian Kerjasama (PKS) pada bulan lalu.

Ia memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UIN Mataram pada acara Studium General dengan Tema “Optimalisasi Dunia Pendidikan Ekonomi dan Bisnis dalam rangka pembangunan Daerah NTB”.

Dalam stadium general yang dilaksanakan di Ruang Teater Gedung Research Center UIN Mataram, Jl. Pendidikan No.35, Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ini. Anton memberikan pemahaman tentang syariah, dan mengajak mahasiswa agar mau belajar menjadi SDM syariah yang unggul.

“MI berupaya untuk mensinergikan seluruh elemen syariah di NTB untuk menciptakan ecosystem demi meningkatkan market syariah di NTB. Industri Kreatif Syariah harus mengambil peran dan dimajukan melalui generasi muda NTB, dan saya sangat salut dengan komitmen UIN Mataram, khususnya FEBI UIN Mataram yang terus berupaya agar semua cita-cita mulia tercipta,” kata Anton Hendrianto.

Anton menambahkan, MI terus berupaya tanpa lelah untuk dapat mewujudkan NTB menjadi ‘Center of Excellence Syariah’. Setelah ini, pihaknya akan melakukan serangkaian diskusi dengan seluruh pemangku kepentingan, dengan sasaran jangka pendek meningkatnya literasi keuangan syariah, dan Inklusi perbankan syariah.

Dengan memberdayakan generasi muda dan digital platform untuk menyambut masa depan syariah yang lebih baik di NTB. “Saya ucapkan terima kasih kepada Dekan FEBI UIN dan jajarannya,” tutur Pejabat Senior di Bank Muamalat Indonesia tersebut.

Dekan FEBI UIN Mataram, Ahmad Amir Aziz berharap, dalam waktu dekat akan ada tindak lanjut, agar apa yang telah dipikirkan dan direncanakan dapat terwujud.

“Kami berharap MI bisa mensupport, karna bagaimana pun mahasiswa kami cukup banyak ekonomi Syariah di NTB, perlu pendamping, kami juga berharap bisa join mengadakan semacam research untuk memetakan lebih jauh bagaimana gagasan Centre of Excellence itu bisa kita wujudkan. Kami tengah terus mempersiapkan itu dan perlu diskusi lebih intens mengenai apa yang kita hajatkan bisa kita wujudkan dengan program yang lebih operasional,” tuturnya.

Sementara, Wakil dekan I bidang akademikbSalahuddin menjelaskan, ada beberapa catatan dalam memajukan SDM syariah di NTB. Salah satunya adalah hubungan kerjasama antara FEBI UIN Mataram adalah hubungan yang symbiosis mutualisme. Dimana lembaga bisnis, selain berfungsi bisnis juga harus memiliki fungsi edukatif dan sosial.

Demikian pula apa yang ada didunia pendidikan, tidak hanya murni untuk ilmu pengetahuan tetapi bagaimana men-supply apa yang dibutuhkan oleh industry.

“Dan disitulah letak titik temu kita, oleh  karenanya ke depan diharapkan kerjasama FEBI UIN Mataram dengan MI dapat lebih menguatkan lagi tingkat professionalisme mahasiswa dan tenaga tenaga professional ekonomi Syariah yang ada di NTB,” tutupnya (Puja/Red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!