PendidikanSerangTerkini

Pentingnya Prokes Covid19, KKM 50 Uniba Gelar Penyuluhan di Desa Kamurang Cikande

SABBA.ID | Serang – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 50 Universitas Bina Bangsa (UNIBA) mengadakan penyuluhan kesehatan dengan tema “Kesadaran Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19”, pada Kamis (12/8). 

Penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan di Aula Desa Kamurang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang dihadiri oleh Kader Kesehatan, Ibu-ibu PKK, masyarakat umum dan mahasiswa KKM Kelompok 50 dengan prokes yang ketat dan 5M. 

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Cikande Mochamad Agus S.Sos.,M.Si yang diwakili H. Ade Saefullah, Kepala Desa Kamurang dengan menghadirkan dua Narasumber yakni Encep Saefullah, S.H., M.M., Adv beliau juga adalah DPL KKM Kelompok 50 UNIBA dan Anita Kurnia, S.KM beliau adalah salah satu penanggung jawab pencegahan penyebaran Covid-19 Kecamatan Cikande.

Pihak kecamatan dan Kepala Desa Kamurang Mukemi menyampaikan, ucapan terima kasih kepada panitia dan mahasiswa KKM Kelompok 50 yang sudah menyelenggarakan kegiatan penyuluhan ini. 

“Harapannya melalui kegiatan ini kesadaran masyarakat lebih meningkat terutama kepatuhan untuk melaksanakan prokes,” ujar Mukemi dalam keterangannya. 

Dalam paparannya narasumber Encep Saefullah, S.H., M.M., Adv menyampaikan, arti pentingnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan protokol kesehatan, 5 M dan PPKM Level 4. 

“Pentingnya mematuhi aturan dengan melihat tiga hal, yakni What, How dan For whom? What, kenapa aturan itu dibuat tentu semua aturan atau kebijakan yang dibuat ada tujuannya yakni untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat, How, bagaimana aturan itu bisa optimal dilapangan salah satunya adalah harus adanya sanksi yang tegas bagi para pelanggar aturan tersebut, For whom, untuk siapa aturan itu dibuat salah satunya adalah untuk masyarakat, sebagai warga negara yang baik tentu masyarakat wajib untuk mematuhi segala aturan atau kebijakan tersebut,” Ujar Encep. 

Ia juga menambahkan semua pihak tak terkecuali masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan agar dapat memutus rantai penularan Covid-19. 

“Untuk dapat menurunkan kurva dari puncak pandemi, sangat dibutuhkan kerjasama semua pihak termasuk masyarakat agar terus disiplin terhadap protokol kesehatan,” ujarnya. 

Hal yang sama disampaikan oleh narasumber Anita Kurnia, S.KM yang menyampaikan bahwa Covid-19 merupakan penyakit yang berbahaya.

“Penting halnya bagi masyarakat untuk terbiasa melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menghindari penyebaran Covid-19 dengan selalu menjaga imun,” ujar Anita. 

Diwaktu yang sama Ketua Pelaksana Penyuluhan Kesehatan Kelompok 50 KKM Desa Kamurang Sri Mulyaningsih Harahap mengatakan, Seminar penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu program kerja KKM dibidang kesehatan. 

“Program ini berkaitan dengan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya kesadaran masyarakat mengenai penularan Covid-19, dan peserta kegiatan penyuluhan ini dibatasi 20 orang untuk menghindari kerumunan,” tutup Anita. (Puja/Red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!