Kesehatan

Varian Baru, Mutasi Covid-19 yang Lebih Cepat Menular Ditemukan di Inggris!

SABBA.ID | Belum juga selesai efek dari merebaknya penyebaran virus Covid-19 yang cukup menggemparkan dunia, kini kasus baru mulai muncul di bagian timur negara Inggris.

Bulan Desember ini (12/20), sebuah varian baru dari Covid-19 di temukan di negara Inggris. Virus ini lebih mudah dan cepat menulari manusia, meski belum ada bukti yang menyatakan bahwa virus ini lebih mematikan dari sebelumnya. Virus ini diberi nama VUI – 202012/01 yang merupakan singkatan dari Variant Under Investigation pertama di bulan Desember tahun 2020.

Varian baru dari SARS-CoV2 penyebab Covid-19 ini terbentuk dari perubahan struktur ginetik atau biasa dikenal dengan mutasi ginetik. Mutasi dalam dunia virus adalah sebuah hal yang biasa. Saat sebuah virus bermutasi, maka akan terjadi perubahan karakteristik dan juga kemampuan dalam menginfeksi tubuh inangnya.

Yang terjadi pada VUI 202012/01 pun demikian. Virus ini terdiri dari 17 mutasi unik sekaligus, dan kabarnya belum bisa dikenali oleh vaksin. Karakteristik virus ini menjadi lebih kuat dan penyebarannya pun lebih cepat dari Covid-19. Namun demikian, gejala yang di timbulkan oleh virus ini masih tetap sama, yakni demam, batuk tanpa jeda dan juga menghilangnya kemampuan mencium bau ataupun mengecap rasa secara tiba-tiba.

Di Inggris sendiri, orang yang terinfeksi oleh VUI tersebut sudah ditemukan sebanyak 1484 kasus dalam kurun waktu November sampai Desember 2020. Di indonesia sendiri belum ada penemuan kasus tentang virus baru ini. Namun kita harus tetap waspada terhadap penyebarannya. (Puja/red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Related Articles

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!