PendidikanTerkini

Pentingnya Menggaungkan Moderasi Bergama dan Narasi Kontra Ekstrimisme

SABBA.ID | Indonesia adalah Negara yang majemuk yang memiliki beragam suku agama, ras dan budaya. Keberagaman ini adalah suatu anugerah yang diberikan oleh Allah SWT, kita harus mensyukurinya, keragaman bukan untuk ditawar melainkan diterima.

Di tengah keberagaman Indonesia berdiri kokoh dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika berbeda tetapi tetap satu tujuan. Karena keberagaman ini terkadang muncul suatu tantangan yang timbul dari ketegangan antara masyarakakat. Oleh sebab itu pentingnya kita untuk bermoderasi beragama, untuk menjaga keharmonisan bangsa.

Moderasi beragama adalah hal menciptakan toleransi dan kerukunan antara masyarakat. Moderasi dapat kita ukur dalam empat indikator yaitu toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, serta pemahaman dan perilaku beragama yang akomodatif terhadap budaya local .

“Tokoh agama juga di harapkan mampu menempatkan posisinya sebagai modal sosial yang amat penting bagi bangsa untuk mewujudkan kerukunan umat beragama di Indonesia,” Kata Wapres Ma’ruf Amin.


Oleh sebab itu, mahasiswa golongan intelektual ,adalah ujung tombak kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Perlu kita ketahui bahwa, tantangan Indonesia kedepannya salah satunya yaitu pengaruh dari pada kontra ekstrimisme. Mahasiswa harus mampu mensosialisasikan pentingnya bermoderasi beragama dan mengaungkan narasi kontra ekstrimisme demi Indonesia yang jauh lebih aman.


Menurut Pasal 1 ayat (2) Perpres No.7 tentang RAN PE, Ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada Terorisme adalah keyakinan dan/atau tindakan yang menggunakan cara-cara kekerasan atau ancaman kekerasan ekstrem dengan tujuan mendukung atau melakukan aksi terorisme.

Marilah kita saling menjaga kerukunan bangsa dengan moderasi beragama serta menjauhkan diri dan masyarakat sekitar mengenai pengaruh ekstrimisme. Setra menggaungkan narasi mengenai kontra ekstrimisme.

Penulis : Novia Arnila Damayanti (Peserta DIKLATPIMNAS 2021)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!