PendidikanSerangTerkini

Himaguseda Sukseskan Pengabdian Tahun 2022 di Kampung Wangun

Serang – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Himaguseda) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) telah selesai mengadakan pengabdian masyarakat di desa batu kuwung, tepatnya di kampung wangun, kota Serang.

Pengabdian ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli hingga 31 Juli 2022 dengan Tema “Mewujudkan Pengembangan Desa Batu Kuwung Melalui Pemberdayaan Masyarakat”.

Ketua Pelaksana, Anisa Rahma Septiani, menjelaskan bahwa pengabdian ini merupakan proker rutin setiap tahunnya. Latar belakang diadakannya pengabdian ini untuk merealisasikan poin tri dharma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian ke masyarakat.

“Hal menarik dari pengabdian ditahun ini ialah himaguseda tidak hanya mahasiswa yang mengabdi namun turut serta mengajak seluruh pemuda dikampung tersebut sebagai generasi desa untuk memajukan desanya. Kontribusi warga dan pemuda dari pengabdian ini pun sangat antusias dan mendapat respon yang positif, Saya sangat bersyukur karena kontribusi warga dan pemuda sangat antusias dan kami mendapat respon yang positif,” Ungkap Annisa.

Kegiatan awal yang dilakukan bersama pemuda desa tersebut dimulai melalui proker bank sampah dan Taman Baca Masyarakat (TBM).

Selain itu, pengabdian ini juga identik dengan mengajar di SDN Citasuk 02 dan sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi yang dilakukan diantaranya mengenai edukasi masyarakat terkait pendidikan, pemanfaatan SDA, dan bank sampah. Tidak hanya itu, himaguseda juga membuat sekolah alam yang dimana kegiatannya yaitu latihan keminatan anak seperti menari, menyanyi, baca puisi yang kemudian goalsnya ditampilkan di malam puncak yang kami adakan.

Anisa berharap semoga kerja sama mahasiswa dan pemuda/i desa terus berjalan lancar dan dapat membawa kemajuan dalam mengatasi permasalahan yang ada disana serta menjadi gerbang pembuka jalan bagi desa Wangun untuk mendapatkan hal yang lebih baik lagi untuk memajukan desanya.

“saya berharap kerja sama antara mahasiswa dan pemuda desa, harus tetap terus terjalin, agar bisa menciptakan solusi yang sulitif bagi permasalahan di desa wangun ini, dengan begitu desa wangun akan maju dan masyarakatnya sejahtera,” tambahnya

Harapan lain juga datang dari Ketua Umum Himaguseda, Fina Darma Aisahini.

“Harapan saya, kami untuk himaguseda mengabdi ini, Berharap antusias masyarakat tentang hal² yang telah kami sampaikan terserap dan terlaksana dengan baik. Selain itu, semoga semua proker dan hal² baik terus membersamai kami dan masyarakat kampung wangun ini,” ungkapnya.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!