JabodetabekKesehatan

Indonesia Amankan 100 Juta Dosis Vaksin COVID AstraZeneca, Novavax

SABBA.ID | Jakarta – Pemerintah Indonesia resmi mengamankan total 100 juta dosis vaksin COVID-19 dari AstraZeneca dan Novavax. Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai tanggal pengiriman vaksin dari dua perusahaan farmasi asal Inggris dan Amerika Serikat tersebut.

Seperti yang diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan pemerintah berhasil mengamankan supply vaksin, yaitu dari AstraZeneca dan Novavax, masing-masing sebesar 50 juta dosis.

“Sementara itu, vaksin dari perusahaan asal China, Sinovac, yang telah terlebih dahulu diamankan oleh Indonesia, rencananya akan tiba lagi pada Kamis 31 Desember sebanyak 1,8 juta dosis”, kata Retno Marsudi, Rabu (30/12).

Selain dari jalur kerja sama bilateral, Indonesia juga menjalankan diplomasi pengadaan vaksin melalui jalur multilateral, yakni dengan COVAX-AMC (Advance Market Commitment) yang digagas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memungkinkan Indonesia memperoleh vaksin sebanyak 3% sampai 20% jumlah penduduk.

“Artinya fasilitas produksi biofarna layak untuk memproduksi Vaksin Covid 19, tanpa sertifikasi CPOB atau GMP ini biofarna tidak dapat memproduksi tidak dapat memproduksi vaksin COVID-19”, kata Menlu Retno

Sementara itu, dari kerja sama track multilateral, diplomasi vaksin telah dibuktikan melalui kolaborasi dengan WHO, GAVI dan lain-lain dalam rangka mengamankan akses vaksin melalui mekanisme COVAX-AMC (Advance Market Commitment ) dengan range perkiraan perolehan adalah 3 – 20 persen jumlah penduduk.

Kendati berupaya keras mengamankan vaksin untuk keperluan dalam negeri, Indonesia telah berkontribusi melalui CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations) untuk pengadaan vaksin dunia. (Dz/Red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!