UMKM

Kementan Dorong UMKM Go Digital Perluas Pasar Pangan Lokal

SABBA.ID – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan transformasi UMKM ke arah digital dapat memberi dampak signifikan dalam memperluas dan mendekatkan akses pangan lokal kepada masyarakat.

“Saya merasa di masa pandemi seperti ini, ada pendekatan pasar baru yang bisa didorong, orang bisa memesan makan dari rumah dengan sistem digital, tinggal klik, pilih makanan lokal, dari Jakarta bisa kita kirim ke mana saja, dan cara-cara digital seperti ini akan terus kita dukung,” ujar pada Launching Marketplace dan Ekspose UMKM Pangan Lokal di Summarecon Mall, Bekasi,

Syahrul mengatakan Indonesia memiliki sumber kekayaan pangan lokal yang melimpah, dan setidaknya ada tiga konsep yang menjadi fokus pemerintah dalam memperkuat pangan lokal yaitu mulai dari budidaya, pengolahan hingga aspek pemasaran.

Pertama, budidaya. Sesuai dengan konsep yang dikatakan Presiden untuk sektor pertanian, salah satunya adalah memperkuat budidaya.

Kedua, fokus pada sisi pengolahan, termasuk industrinya

Ketiga, adalah dari sisi pemasaran, bersama dengan pihak terkait lainnya.

“Pemasaran adalah konsep terakhir yang juga perlu untuk didorong, hari ini kita buktikan bahwa pasar terbuka untuk pangan lokal, termasuk mal-mal, bahkan ke depan saya akan bersurat ke para kepala daerah untuk memberi ruang pada UMKM pangan lokal agar dapat memasarkan produknya di tempat yang strategis di wilayahnya,” katanya. (Dik/Red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Related Articles

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!