PendidikanSerangTerkini

KKM 1 Uniba: Penyuluhan Hidropinik Cara Berkreasi Untuk Memanfaatkan Lahan

SABBA.ID |Serang – Sabtu, (21/18). Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 1 Universitas Bina Bangsa (Uniba) melakukan kegiatan penyuluhan teknologi tepat guna dengan tema “pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi tepat guna dan pengembangan UMKM dalam pengelolaan tanaman Hidroponik” di Kelurahan Kemanisan Kecamatan Curug.

Kegiatan ini di laksanakan pada sejak pukul 09:00 – selesai. yang diselenggarakan di desa Cideheng Tengah RT 11/RW 03.

Adapun penyuluhan ini diselenggarakan dalam rangka edukasi kepada masyarakat mengenai teknik penanaman menggunakan air, hal ini dapat menghemat lahan, menghemat air

Kegiatan ini mengahdirkan pemateri bernama H. Anis Fuad Salam, SE.,MM.,CRM yang merupakan Owners Fans Hydro Sayurku, sekaligus Ketua STIE Banten dan dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) selain itu kegiatan juga dihadiri peserta dari desa cideheng.

H. Anis Fuad Salam, SE.,MM.,CRM

Menurut Dosen Pembimbing Lapangan Drs.Gatot Hartoko,M.Si dalam menyampaikan sambutannya bahwasannya “Era sekarang sudah banyak lahan yang tergerus oleh pembangunan perumahan. Maka, kita harus berpikir kreatif terhadap kondisi seperti ini. Memanfaatkan lahan sempit untuk dijadikan tempat menanam tanaman dengan teknik hidroponik. Hal ini dapat menambah pendapatan bagi warga/masyarakat” Katanya.

Menurut Sanusi selaku ketua pelaksana kegiatan penyuluhan. “Adapun tujuan di selenggarakan kegiatan ini untuk mengedukasi kepada masyarakat dan tentunya kepada pemuda setempat khususnya di lingkungan Cideheng Tengah, kelurahan kamanisan mengenai pemanfaatan lahan dalam pengelolaan tanaman hidroponik.” Ujarnya.

Sementara diwaktu yang sama H. Anis Fuad Salam menjelaskan “Dulu saya hanya menanam untuk keperluan pribadi, tetapi ternyata banyak yang minat terhadap hasil tanaman saya, setelah itu saya mulai berfikir untuk memasarkannya ke supermarket, dan rumah makan korea. Hal ini bisa menjadi pendapatan tambahan untuk keluarga saya. Sehingga saya mulai menggeluti bidang ini. Maka dari itu, saya mengedukasi masyarakat untuk mulai memanfaatkan teknologi hidroponik di kehidupan sehari-hari” Ungkap H. Anis Fuad. (Idr/Red)

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!