KomunitasPendidikanSerangTerkini

KKM 04 Uniba Kolaborasi Dengan Forum Anak Kota Serang Cegah Anak Putus Sekolah

Serang – Anak merupakan asset bangsa yang sangat berharga, Jaminan pemenuhan hak anak terutama hak untuk memperoleh pendidikan menjadi fokus perhatian Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 04 Uniba, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNIBA kelompok 04. Dalam peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, tim KKM-PKM UNIBA 04 menjalankan salah satu program kerja di bidang pendidikan yaitu mencegah anak putus sekolah melalui kegiatan seminar.

Berkolaborasi dengan Forum Anak Kota Serang (FAKOTAS), tim KKM-PKM UNIBA 04 menggelar seminar motivasi yang mengusung tema “Sadar Sekolah Menuju Generasi Sukses”, (23/7).

Bertempat di Aula SDN Lemah Abang kegiatan ini berlangsung dengan meriah dan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta yang terdiri dari siswa-siswi kelas 5 dan 6.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan kesadaran akan pentingnya pendidikan serta membangkitkan semangat dan motivasi belajar para siswa di sekolah.

Isnaini Mahuda, S.Pd., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan sekaligus narasumber dalam kegiatan ini menyatakan dalam sambutannya bahwa angka putus sekolah pada anak terutama anak usia sekolah dasar menjadi persoalan serius dalam bidang Pendidikan yang menjadi taggung jawab semua pihak.

“Masalah putus sekolah ini tidak bisa dianggap sepele, perlu upaya-upaya ya
tidak hanya mengandalkan pemerintah dan sekolah namun juga semua pihak harus ikut bergerak cari solusinya,” ucapnya.

Isnaini Mahuda, S.Pd., M.Si juga menambahkan bahwa diakannya kegiatan tersebut sebagai bukti nyata mereka untuk berkontribusi guna memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan bagi anak usia dini.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan seminar motivasi ini setidaknya memberi bukti bahwa kami ikut berkontribusi guna cegah anak putus sekolah,” tambahnya.

Turut hadir kepala SDN Lemah Abang, Mutmainah, S.Pd yang sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini serta turut bangga sekolahnya menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini.

“Ibu sangat bangga sekolah kita terpilih untuk menjadi tuan rumah dan sangat berterima kasih kepada mahasiswa yang mengadakan kegiatan ini,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan seminar ini meliputi paparan materi dari para narasumber, menonton film pendek, games-games seru dan menyanyikan Jingle Forum Anak Nasional (FAN) bersama seluruh peserta seminar.

Salah satu narasumber dari perwakilan Forum Anak Kota Serang yaitu Ananda Adilla selaku Duta Anak Kota Serang Tahun 2022. Sebagai Duta Anak, ia menjelaskan bahwa tugasnya adalah menjadi agen 2P (Pelopor dan Pelapor) yang menyuarakan kondisi anak-anak di kota Serang serta berupaya mencari solusi dari setiap permasalah yang berkaitan dengan anak-anak.

“Jadi, jika adik-adik disini mengalami permasalahan seperti putus sekolah, mengalami kekerasan (bullying), dan lain-lain harap segera lapor ke kami, ke Forum Anak kota Serang,” tegasnya.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!