PendidikanSerangTerkini

PESAT STIE Banten 2021, Baros jadi Lokus Utama Pengabdian selama 3 Tahun

SABBA.ID | Serang – Senin (20/9). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Banten gelar kegiatan Pesat (Pengabdian pada Masyarakat) atau yang umum dikenal dengan KKM dengan melepas mahasiswa sebanyak 202 mahasiswa yang ditempatkan di Kecamatan Baros. Kabupaten Serang.

Pesat STIE Banten 2021 yang bertema “Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa dan Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid19” ditempatkan di 4 titik di Kecamatan Baros, yaitu Desa Tamansari, Curug Agung, Cisalam dan Sindangmandi.

Rencananya kegiatan Pesat yang diawali dengan penandatangan MoU kerjasama bersama Kecamatan Baros ini akan digelar selama tiga tahun kedepan, antara STIE Banten dan Kecamatan Baros telah bersepakat untuk menjadikan Baros sebagai laboratorium aktualisasi pengabdian berbasis ekonomi bagi ratusan mahasiswa STIE Banten pada para pelaku UMKM di Baros

Ketua STIE Banten Anis Fuad Salam. mengatakan STIE senantiasa selalu hadir untuk masyarakat, sebelum Pesat diinisiasi selama 3 tahun kedepan sejak tahun 2021 ini, Sebelumnya STIE pernah mengenalkan konsep Ekonomi Digital guna meningkatkan penjualan bagi para pelaku UMKM.

“STIE Banten sudah beberapa tahun ini kita selalu eksis terhadap UMKM, dua tahun lalu saat masa pandemi teman-teman mahasiswa dan dosen membuat Digital Of Economy mendorong peningkatan produktifitas penjualan bagi para pelaku UMKM, jadi kita bikin market digital kita langsung berhubungan dengan para pelaku UMKM, di bina dan di didik sehingga bisa menjadi anggota Marketplace, alhamdulillah secara omset bisa meningkat berkat kerjasama dosen dan mahasiswa” Terang Anis.

Lanjut Anis dirinya berharap pada Pesat Tahun 2021 ini mahasiswa bisa mengoptimalkan momentum dan memberikan output yang baik sebagaimana yang diharpakan dalam mendorong peluang ekonomi.

“Saya berharap teman-teman mahasiswa yang melakukan Pesat tahun 2021 ini mampu optimalkan momentum dan memberikan output sebagaimana diharapkan untuk mendorong dan membuka peluang ekonomi lebih luas demi pembangunan Banten ke depan” Tambahnya.

H. Deden Nurhikmat, SP,MM selaku Sekretaris Kecamatan Baros yang menerima penandatanganan kerjasa bersama STIE Banten pada Senin (20/9). mengapresiasi langkah STIE dan menerima dengan baik perihal Kecamatan Baros yang nantinya akan dijadikan laboratorium pengabdian berbasis ekonomi bagi mahasiswa STIE Banten.

“Kami, Pemerintah Kecamatan Baros mengapresiasi langkah STIE Banten yang menjadikan Baros sebagai laboratorium pendidikan dan pengabdian berbasis ekonomi dari mahasiswa STIE Banten kepada para pelaku UMKM, dan kami berharap semoga kerjasama ini menghasilkan sesuatu yang positif” Ujar Deden.

Terakhir Ketua Panitia Pesat 2021 STIE Banten. Didi Wandi. mengatakan saat diwawancari via whatasapp setelah MoU bersama pemerintah Kecamatan Baros dilakukan, dirinya menjelaskan dimasa pandemi ini peserta Pesat akan diarahkan terhadap kepedulian dan kesadaran terhadap penanganan Covid19 dan penertiban Prokes di Kecamatan Baros.

“Pesat Tahun ini akan lebih menjurus terhadap penanganan Covid19. karna Covid19 masih sedang berlangsung, mahasiswa akan diarahkan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat di 4 Desa di Kecamatan Baros berkaitan dengan penertiban Prokes Covid19” Kata Didi.

Didi menambahkan “untuk diketahui Tahun 2019 STIE Banten menggelar Pesat dengan tema Recovery ekonomi dari dampak sunami di Pandeglang dan serang, tahun 2020 fokus pada Digital Marketing, untuk tahun 2021 harapan kami agar pelaku UMKM di Kecamatan. Baros secara legalitas bisa terpenuhi juga agar produk-produknya naik kelas baik secara pengolahan, administratif, juga pemasaran yang lebih luas dengan bantuan Digital marketing pemanfaatan medsos dll.” Tambahnya.

Show More

Redaksi

Teruntuk pembaca setia Sabba “Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna” (Pramoedya Ananta Toer)

Komentari Berita

Back to top button

Wett

Matiin Adblock Bro!